hanya tinggal klik langsung dapet DUIT !!

Sabtu, 11 Februari 2012

Malware Valentine Bidik Pengguna Facebook

altValentine memang masih dua minggu lagi, namun nuansanya sudah mulai terasa di dunia maya. Sayangnya, yang terasa itu bukanlah nuansa positif.
Baru-baru ini, Trend Micro—perusahaan keamanan terkemuka—mengidentifikasi adanya malware valentine yang mengincar pengguna Facebook di seluruh dunia. Trend Micro mengingatkan kepada pengguna Facebok agar lebih jeli dan berhati-hati ketika mengakses jejaring sosial terbesar tersebut, baik menggunakan mobile maupun via PC. 
Trend Micro menemukan adanya kegiatan clickjacking yang memanfaatkan laman Facebook untuk menjalankan aksinya. Serangan ini dimulai dengan ditemukannya sebuah postingan di wall yang berisi ajakan untuk meng-klik dan menginstal theme gratis bagi tampilan Facebook pribadi dengan nuansa khas Valentine.
Trend Micro mendeteksi installer tersebut sebagai TROJ_FOOKBACE.A. Ketika dieksekusi, TROJ_FOOKBACE.A ini akan mengeksekusi sebuah script yang menampilkan iklan dari situs-situs tertentu.
Pengguna yang mengeklik dan menginstal melalui browser Google Chrome dan Mozilla Firefox, malware ini akan dengan sendirinya akan mengarahkan pada instalasi Facebook Environment/Facebook.com yang muncul di tab kanan atas halaman Facebook pengguna. 
alt
Selanjutnya, jika aplikasi tersebut sudah terinstal, akan memantau kegiatan pengguna sekaligus mengarahkan pada sebuah halaman survei yang meminta agar pengguna memasukkan nomor ponsel. 
Bagi yang menggunakan browser Internet Explorer, tanpa harus menginstal Facebook Environment, maka pengguna akan langsung diarahkan pada halaman survei.
Dari pantauan Trend Micro hingga saat berita ini ditulis, belum terjadi teknik pencurian data. Namun demikian, vendor antivirus asal Taiwan ini tetap memperingatkan pengguna agar berhati-hati terhadap jebakan theme gratis bernuansa Valentine ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar